Pelatihan Viktimologi Indonesia Ke-1

by yusufsaefudin / Sep 15, 2017 / 0 comments

PURWOKERTO-Pelatihan Viktimologi Indonesia yang juga terwujud atas kerjasama Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman dan  World Society of Victimology (WSV)  diikuti oleh lebih dari 72 peserta yang terdiri dari para dosen viktimologi di seluruh Indonesia. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para akademisi tentang viktimologi dan perlindungan hak-hak korban serta perkembangannya di dunia internasional.

Rektor Unsoed yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Humas, Drs.Sigit Wibowo DN, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya acara ini. Disampaikannya bahwa Pelatihan Viktimologi ini sangat relevan terutama dengan kondisi Indonesia.  “Viktimologi sebagai ilmu tentang korban saya kira sangat relevan,” jelasnya.  Pak Sigit juga mengapresiasi para undangan yang telah hadir di Unsoed meskipun harus melalui perjalanan yang tidak mudah.  “Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan baik serta menghasilkan sesuatu sebagaimana yang diharapkan,” jelasnya.

Dengan menghadirkan President of World Society of Victimology (WSV), Prof.Marc Groenhuijsen sebagai keynote speaker, diharapkan tindak lanjut pelatihan ini akan memberikan pemahaman para dosen tentang implementasi peranan viktimologi dalam membela korban.

Selain President of World Society of Victimology (WSV), beberapa narasumber lainnya yang hadir dan membagikan ilmu berharga di antaranya, , Michael J.O’Connell selaku Secretary General of WSV and Commisionerof Victim’s Right of South Australia (Adelaide, Australia), Prof.Gerd Kirchhoff (Germany), Prof.Jaco Barkhuizen (South Africa), Kumaravelu Chockalingam, Ph.D (India), Abdul Haris Semendawai, S.H., LLM (Ketua LPSK), Dr.Fachri Bey, S.H., M.H., (Universitas Indonesia), Heru Susetyo, S.H., LL.M., M.Si., Ph.D., (Universitas Indonesia), Prof.Dr.M.Arief Amrullah, S.H., M.Hum., Dr.Angkasa, S.H., M.Hum., (Universitas Jenderal Soedirman), Dr. Elfina Lebrine Sahetapy S.H., LL.M., Dr.Noor Rochaeti, SH., M.Hum., Prof.Iswanto., S.H.

Pelatihan viktimologi Indonesia ini diharapkan dapat menjadi wadah silaturrahmi para akademisi.  Salah satu yang dibahas setelah pelatihan ini adalah pembentukan asosiasi pengajar viktimologi.  Maju Terus Pantang Menyerah ! (Humas Unsoed)